Renungan Malam 22 Agustus 2020

  1. Rende KEE GBKP No. 280:1,2.
    1. Keg’luhen doni, Tuhan si ngaturkenca, labo tersipati, Ia si mada kuasa. Tah kai pe jadi, leben enggo ietehNa, la lit si terbuni ilebe-lebeNa. La lit si terbuni ilebe-lebeNa.
    2. Man Tuhan pindo k’rina si perlukenndu. Sehken arah toto, la bo perlu kam aru. Lah tetap ukur arapen la erkusur. Kekelengen Tuhan tetap labo luntur. Kekelengen Tuhan tetap labo luntur
  2. Ertoto
  3. Ngoge Kata Dibata Matius 16: 8 – 11.
    “ Tapi ieteh Yesus kai si icakapken ajar – ajar e, e maka nina, “Engkai maka kerna la lit roti icakapkenndu ? Kurang kal tuhu kinitekenndu. Lenga kin lalap iangkandu ? La kin ingetndu asum Kucepik-cepik roti si lima ngkibul guna lima ribu kalak ? Piga sumpit asum si e ipepulung ibana ? Bage pe kerna roti si pitu ngkibul guna empat ribu kalak, piga sumpit asum si e ipepulung ibana ? Kuga maka la iangkandu, maka si Kukataken man bandu e labo kerna roti ? Metengetlah kam nandangi ragi kalak Parisi ras kalak Saduki !”

Renungan

Ketika kita melihat mendung yang semakin gelap, dalam hati kita berkata, “jangan-jangan hujan badai segera datang.” Lalu terbayanglah hal-hal buruk yang terjadi ketika hujan badai datang. Kita menggerutu, mengomel dan mencemaskan mengapakah hujan badai akan datang. Pertanyannya bagi kita adalah apakah kita mampu mengatur turunnya hujan badai atau tidak ? Hal ini khan tidak dapat kita atur. Oleh karena itu yang perlu kita perhatikan adalah apakah kita tetap mampu melakukan yang dikehendaki Allah dalam hujan badai ini ? Terkadang sangat berbeda apa yang seharusnya kita cemaskan dan apa yang sering kita cemaskan.
Yesus mengajar murid – murid yang mencemaskan roti yang lupa mereka bawa dalam perjalanan menyeberangi danau. Sebagai orang Yahudi, mereka masih memegang aturan makanan najis atau tercemar. Ketika mereka di seberang danau, di tempat yang bukan orang Yahudi, mereka khawatir tidak dapat membeli makanan yang sesuai aturan tidak tercemar. Oleh karena itu mereka mempersoalkan dimanakah mereka akan mendapatkan makanan yang tidak tercemar. Pikiran murid-murid terfokus kepada makanan, sehingga Yesus memperingatkan apa yang seharusnya mereka cemaskan. Yesus mengingatkan murid-murid tentang mujijat pemberian makan 5000 orang dengan hanya lima buah roti dan masih ada sisanya. Begitu juga pemberian makan 4000 orang dengan 7 buah roti dan juga masih ada sisanya. Ini semua menunjukkan bahwa Yesus mampu mencukupkan kebutuhan mereka. Dengan demikian, jika soal makanan, seharusnya murid-murid tidak perlu mencemaskannya. Dari situasi ini kita dapat merenungkan bahwa mereka mencemaskan hal yang mampu Yesus lakukan. Hal ini didasarkan kepada ketidakmampuan mereka untuk memahami kehendak Allah dan lemahnya iman mereka akan kuasa Yesus Kristus. Kehendak Allah agar murid-murid tidak terjebak dalam memandang agama sebagai sebuah ritual, kelengkapan dan kerunutan peribadahan. Yesus mengecam kebiasaan peribadahan orang Farisi yang mengatakan bahwa apa yang kuberikan kepada orang tuaku telah kupersembahkan kepada Allah. Agama yang seperti ini hanya agama mulut, bukan agama hati (Matius 15 :1-9)
Dari bacaan kita ini, yang perlu kita perjuangkan lebih dalam lagi adalah mencari apa yang dikehendaki Allah dalam hidup kita. Sejalanlah apa yang dikehendaki Allah dengan yang kita lakukan. Dan juga, berhentilah mencemaskan apa yang telah terbukti ada dalam kuasa Allah. Kita berserah kepada Allah yang berkuasa memelihara hidup kita. Amin.

  1. Ertoto kenca renungen
  2. Rende KEE GBKP No. 201:1,4.
    1. Malem ate tuhu-tuhu, si ernalem man baNdu. Kam Dibata sinjadiken langit ras doni enda. SalsaliNdu pusuh kami, maka t’rangndu tergejap. Kalak si tek la kap bene, ban kelengNdu e tetap.
    2. Aloken Kamlah o Bapa, kuendesken geluhku. KesahNdu min ngajarisa, lah kueteh nembah baNdu. Pasu – pasu min kerina, daging, ukur, tendingku. Gelah arah tan ras kata, ipujina gelarNdu.
  3. Pertoton syafaat ras pertoton Tuhan.

Pdt. Tanda Pinem

GBKP Rg. Jl. Sei Batang Serangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *